Kayu di Batam: Bagian-Bagian Kayu yang Perlu Anda Ketahui

Kayu yang sering kita manfaatkan untuk berbagai keperluan itu ternyata tersusun dari beberapa bagian yang sangat penting. Bagian-bagian itulah yang akan membuat struktur dan pertumbuhan kayu menjadi baik dan lancar. Seperti halnya kayu pada umumnya, Kayu di Batam pun mempunyai bagian-bagian yang sangat vital dengan fungsinya masing-masing. Ada tujuh bagian kayu yang patut anda ketahui, mari kita simak ulsan berikut ini!

  1. Kulit Luar
    Sebagaimana namanya, lapisan ini memeng berada di bagian kayu paling luar. Fungsi utama dari kulit luar ini adalah sebagai pelindung bagian-bagian dalam pada kayu. Dengan adanya kulit luar, maka pertumbuhan dan perkembangan kayu akan berjalan dengan semestinya.
  2. Kulit Dalam
    Selain kulit luar, kayu juga mempunyai bagian kulit dalam. Lapisan ini berposisi di bagian dalam dari kulit luar. Cara membedakan kulit luar dan kulit dalam sangatlah mudah. Kulit luar merupakan kulit bagian terluar dari pohon, sedangkan kulit dalam merupakan bagian setelah kulit luar yang cenderung basah dan lunak. Fungsi dari kulit dalam ini sangatlah vital karena dapat bertugas untuk mengangkut dan menyebarkan bahan makanan dari daun sebagai hasil fotosintesis ke bagian-bagian kayu lainnya.
  3. Kambium (Cambium)
    Kambium berposisi di bagian sebelah kulit. Kambium akan membentuk kayu baru dan sel-sel jangat atau kulit yang sangat penting sekali untuk proses pertumbuhan kayu tersebut.
  4. Kayu Gubal
    Kayu di Batam pun memiliki bagian yang dinamakan dnegan Kayu Gubal. Bagian ini memiliki fungsi yaitu sebagai pengangkut air bersamaan dengan zat makanan yang akan disebarkan ke bagian-bagian pohon yang lain seperti ranting dan cabang.
  5. Kayu Teras
    Kayu Teras merupakan ekstrasi zat-zat lain akibat ada bagian kayu yang sudah tua atau kosong. Bagian ini ternyata berasal dari kayu gubal.
  6. Galih atau Hati
    Galih atau Hati Kayu telah ada sejak kayu tersebut tumbuh sehingga bagian ini dipandang menjadi salah satu bagian yang dapat berumur dan bertahan paling lama.
  7. Garis Teras
    Apabila terjadi proses pengeringan kayu yang tidak teratur, maka akan timbul pristiwa penyusutan. Peristiwa tersebut menyebabkan jari-jari retakan, dan jari-jari retakan itulah yang dinamakan dengan sebutan garis teras.

Kesimpulannya, minimalnya ada tujuh bagian-bagian kayu yang perlu anda ketahui, yaitu kulit luar, kulit dalam, cambium, gubal, teras, hati, dan garis teras. Bagian-bagian kayu ini memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di beragam jenis kayu termasuk jenis Kayu di Batam. Apabila anda masih membutuhkan informasi seputar bagian-bagian kayu, anda dapat mengakses di beberapa website lainnya yang menyajikan informasi tersebut. Lakukan pencarian informasi dengan cara menuliskan keyword dari apa yang sedang anda cari pada mesin pencari seperti Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *